Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

99,79% Masyarakat Sukamara Terdaftar Peserta JKN-KIS

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Juni 2019 - 08:12 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, 99,79% masyarakat di Bumi Gawi Barinjam telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

"Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat telah mencakup dalam program Universal Health Converage (UHC)," ucap Windu Subagio, Rabu, 25 Juni 2019.

Menurut Windu, saat ini 99,79% masyarakat Kabupaten Sukamara telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dimana Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebanyak 30.394 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 61.912 jiwa.

"Untuk program ini kita alokasi APBD 2019 sebesar Rp 8.707 miliar lebih," ujar Windu.

Windu menambahkan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi penyakit menular dan permasalahan sanitasi, pemerintah telah berupaya  melalui penyuluhan kepada masyarakat.

"Caranya adalah dengan pola komunikasi, informasi, edukasi dan pendekatan program sanitasi total berbasis masyarakat," tukas Windu.

Fraksi Bintang Amant Pembangunan DPRD Sukamara Abdus Samat, meminta agar pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. "Kami berharap agar peningkatan pelayanan  kesehatan yang lebih nyata pada masyarakat," Abdus Samat.

Samat melanjutkan, pelayanan yang lebih nyata tersebut adalah jaminan kesehatan untuk rakyat miskin harus lebih ditingkatkan pencapaiannya serta pro-aktifnya.

"Ini bertujuan agar tidak ada diskriminasi dari aspek apapun terhadap pelayanan kesehatan pada rakyat miskin," ujarnya.

Anggota DPRD Dapil 1 tersebut berharap agar dinas terkait dapat menekan angka penyakit menular, serta memperhatikan kodisi sanitasi di Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru