Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Gelar Pertemuan dengan Puskesmas Sosialisasi Tanggap Virus Corona

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Maret 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kapuas menggelar pertemuan dengan puskesmas di wilayah setempat untuk menyosialisasikan tanggap virus Corona atau Covid-19, Senin, 16 Maret 2020.

Rapat yang dilaksanakan di Aula Dinkes setempat ini dipimpin Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tri Setya Utami mewakili Kepala Dinkes Kapuas Apendi, diikuti para kasi, dan sejumlah perwakilan dari Puskesmas terdekat.

"Iya, kami mengadakan pertemuan dengan pihak puskesmas, sosialisasi tanggap terhadap virus corona, sehingga lebih siap," ucap Tri seusai kegiatan.

Lebih lanjut, ia menuturkan, sejumlah materi disampaikan, terutama tentang fokus pada teknisnya, seperti bagaimana menentukan Orang Dalam Pemantauan (ODP), maupun jika adanya Pasein Dalam Pengawasan (PDP).

"Itu yang kami jelaskan sejelas-jelasnya, kamipun sesuaikan dengan protokol rujukan kepada mereka (pihak puskesmas)," tuturnya.


Kemudian, dalam sosialisasi virus corona tersebut, disampaikan lagi lebih rinci mengenai pencegahan infeksi, komunikasi resiko, promosi kesehayan, dan pencatatan pelaporan terkait hal tersebut.

"Kami sampaikan semua ini, supaya nanti mereka siap. Mengingat puskesmas merupakan garda terdepan terkait kesehatan masyarakat," ucap Dokter Tri.

Selain itu, ia berharap juga peran dari pihak puskesmas dalam mensosialisasikan pencegahan virus corona kepada masyarakat, kendati belum adanya kasus. Karena antisipasi dan pencegahan sangat penting. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru