Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Penyuluhan Pertanian Dukung Peningkatan Produksi Telur di Kecamatan Paju Epat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Juni 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, terus mendukung peningkatan produksi telur di kecamatan setempat.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim menjelaskan, dukungan diberikan oleh BPP melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan terhadap peternak ayam ras petelur di wilayah Kecamatan Paju Epat.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi peternakan ayam ras petelur di Kecamatan Paju Epat yaitu dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui peran, inovasi dan kinerja penyuluh," ungkap Lukmanul di Desa Siong, Sabtu 20 Juni 2020.

Menurutnya, potensi pengembangan ayam ras petelur di Kabupaten Barito Timur masih sangat bagus. Saat ini produksi telur ayam ras di Kabupaten Barito timur masih tergolong kecil dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Kalimantan tengah.

"Produksi telur ayam ras di Kabupaten Barito Timur baru mencukupi kebutuhan pasar dalam kabupaten sebesar 65 persen, sedangkan sisanya dipenuhi dari telur ayam kampung, itik dan puyuh," imbuhnya.


Lanjut Lukmanul, dalam upaya peningkatan produksi telur ayam ras di Kecamatan Paju Epat, inovasi penyuluh berperan besar. Karena itu penyuluh harus dapat menciptakan inovasi-inovasi baru bagi peternak untuk meningkatkan produksi.

"Populasi ayam ras petelur di Kecamatan Paju Epat saat ini baru berjumlah 1.200 ekor, karena itu dengan peran serta perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah ini melalui program CSR, kita bisa tingkatkan produksi telur ayam ras di Kecamatan Paju Epat," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru