Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Pangkalan Satu Raih Juara Pertama Lomba Lewu Isen Mulang Yang Digelar Polda Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Juni 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai meraih juara pertama lomba Desa Pantang Mundur atau Lewu Isen Mulang. Hasil tersebut diumumkan dalam video conference yang digelar Polda Kalteng, Senin, 29 Juni 2020.

Spontan, suasana tepuk tangan menggema di Aula Satya Haprabu Polres Kobar yang menjadi lokasi relay video conference. Kegiatan itu langsung diikuti Bupati Kobar Nurhidyah. Turut hadir, Kapolres Kobar AKBP E Dharma Bahagian Ginting beserta jajaranya.

Bupati menuturkan,  walaupun kemenangan yang diraih oleh Desa Pangkalan Satu tersebut cukup membanggakan, dia berpesan jangan membuat menjadi sombong. 

"Alhamdulillah dari banyaknya desa peserta lomba tersebut di Kalteng, Pangkalan Satu bisa meraih juara. Namun harapannya kemenangan ini bisa menjadi role model bagi desa lain di Kobar dan Kalteng," jelas Bupati.

Sehingga, menurut Bupati, apa yang dilakukan Desa Pangkalan Satu dalam menghadapi menghadapi situasi kebencanaan bisa diikuti oleh daerah lainnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Kobar mengatakan, inovasi yang dilakukan Desa Pangkalan Satu dalam menghadapi situasi kebencanaan, menjadi pertimbangan kenapa desa tersebut dipilih mewakili Kabupaten Kobar mengikuti lomba yang digelar Polda Kalteng dalam rangka Hari Jadi ke-74 Bhayangkara. 

"Setelah kita melakukan penelitian di lapangan, terhadap aspek dan kriteria yang dipersyaratkan diketahui desa tersebut memiliki kesiapsiagaan dan ketangguhan untuk memutus mata rantai covid-19. Karena hingga saat ini di desa tersebut tidak ada satu orangpun yang  terpapar covid-19," jelas Kapolres.

Selain itu, lanjut Kapolres, penanganan karhutla dan ketahanan pangan desa tersebut juga sangat bagus untuk diteladani.

"Di desa tersebut kerja sama antar masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan Bhabinkamtibmas sangat solid. Bahkan perlu di catat, untuk masalah ketahanan pangan desa tersebut juga berhasil menjadi penyuplai daging ayam untuk 2 kabupaten yaitu Sukamara dan Lamandau," tutur Kapolres. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru