Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah dari Kota Muara Teweh Capai 60 Ton Per Hari

  • Oleh Ramadani
  • 14 Juni 2021 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kemajuan pembangunan tentunya akan berdampak pula kepada kebersihan lingkungan dan peningkatan sampah yang dibuang oleh masyarakat.

Untuk Kabupaten Barito Utara, terutama di Kota Muara Teweh, sampah yang dibuang oleh masyarakat mencapai 60 ton per hari.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik melalui Kepala Bidang Tata Kota, Dharma Abadi menuturkan sampah di Kota Muara Teweh saja mencapai 45 -60 ton per hari.

Setiap hari para petugas kebersihan telah diturunkan untuk membersihkan lingkungan perkotaan, namun dengan keterbatasan yang ada maka pembersihan hanya dapat mencapai 80 persen.

“Untuk itu perlunya kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan agar bersih, sehat, indah dan nyaman,” ungkapnya.

Jadi dengan 10 unit truk pengangkut, tentunya belum memenuhi untuk pengangkutan sampah ini. “Jadi kita maksimalkan pada siang hari, sehingga sampah-sampah yang ada dapat terbuang ke TPA,” katanya, Senin 14 Juni 2021.

Belum lagi saat pasca banjir maupun musim buah yang akan menghasilkan sampah yang banyak, tentunya ini akan menambah beban bagi para petugas di lapangan. “jadi perlu kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan ini,” tambahnya.

Dharma juga menghimbau agar masyarakat dapat membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan yakni pada 17.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Menurutnya untuk kebersihan lingkungan ini ,bukan hanya tanggung jawab dari petugas kebersihan saja, melainkan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru