Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara: Harus Mencari Inovasi untuk Menggerakkan Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 22 September 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan bahwa dirinya sebagai pimpinan daerah harus mencari inovasi untuk menggerakkan masyarakat.

Apalagi, kata dia, saat ini sedang giat-giatnya menjaga ketahanan pangan di wilayah masing-masing, terkhusus di kabupaten setempat. 

Menurutnya, pemerintah harus terus melakukan pengembangan pertanian dan bidang lainnya demi menjaga ketahanan pangan. Untuk Kabupaten Barito Utara, kata Nadalsyah, dalam pengembangan pertanian khususnya padi sawah, terjadi berbagai kendala dikarenakan kondisi wilayah sebagian besar merupakan pegunungan.

“Maka kita akan mencoba berinovasi untuk mencoba dengan berbagai metode seperti tadah hujan, namun kurang efektif. Untuk itu, kami berinovasi kembali dengan cara lain seperti metode Subak,” ungkapnya Rabu, 22 September 2021.

Untuk memperoleh air suupaya mengairi lahan, diperlukan pembuatan sumur bor atau pantik untuk menaikkan air ke kolam maupun sawah.

Jadi, jelas dia, pemerintah harus membuat contoh dahulu. Apabila berhasil, maka akan dikembangkan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, pertanian dengan metode subak di Desa Paring Lahung dapat dikatakan berhasil dan nantinya akan diedukasikan kepada masyarakat melalui dinas pertanian, sehingga masyarakat dapat meniru dan dikembangkan,” ucapnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru