Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Urgensi Paten bagi Merek Lokal

  • Oleh ANTARA
  • 18 Desember 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sadar ataupun tidak, pelaku UMKM di Tanah Air masih banyak yang abai untuk mematenkan merek atau brand dari usahanya.

Sebagian besar dari mereka bahkan tak ambil pusing dengan merek dagang yang sejatinya adalah identitas dan jati diri dari usaha yang mereka jalankan.

Hal itulah yang kemudian mengusik Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang memandang pentingnya meningkatkan “awareness” para pelaku UMKM terhadap lokal brand mereka sendiri.

Pihaknya pun mendorong berbagai pemangku kepentingan termasuk Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) untuk terlibat dan memberikan pendampingan khusus untuk pelaku UKM merek lokal Indonesia.

Teten mengatakan bahwa pemerintah telah berupaya melakukan transformasi UKM dari sektor informal ke formal.

Ia juga mengatakan, pemerintah mendukung UKM lokal untuk melakukan ekspor ke pasar global.

Teten menyadari bahwa di tengah pandemi COVID-19, kesulitan menjadi semakin berlipat hingga menggerus hampir seluruh lini bisnis di Indonesia termasuk bisnis lisensi dan waralaba termasuk yang banyak digeluti pelaku UMKM di Indonesia.

Maka kemudian, upaya untuk mengangkat merek lokal sudah semakin tidak terelakkan. Untuk itu edukasi mengenai hal tersebut menjadi satu hal yang signifikan kepada para pelaku usaha utamanya UMKM di Indonesia. Sebab merek lokal adalah kunci kebangkitan ekonomi nasional.

Industri Lisensi
Tak membantah dengan fakta itu, Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaya, mengatakan berdasarkan data asosiasinya tercatat lebih dari 1.000 hotel dan restoran di Indonesia tutup secara permanen, dan jutaan pelaku UMKM terpuruk.

Namun pada kuartal 3 tahun 2021 ini, dari data yang diterima telah terjadi perbaikan pemulihan ekonomi walau masih di angka 3 persen dan data di industri lisensi dan franchise naik sekitar 25 sampai dengan 30 persen.

Ke depan masih perlu dilihat situasi dan kondisi sekitar yang diharapkan sudah mulai pulih didukung dengan indikator aktivitas ekonomi yang sudah mulai berjalan lagi.

Berita Terbaru