Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kapuas Ini Sambut Baik Pengembangan Kebun Pisang Dukung Food Estate di Saka Lagun

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Desember 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Legislator dari Dapil IV Kabupaten Kapuas, Rahmad Jainudin menyambut baik adanya pengembangan kebun pisang dalam rangka mendukung program nasional food estate.

Pengembangan kebun pisang itu ditandai dengan telah dilakukannya tanam perdana bibit pisang unggul di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.

"Alhamdulillah kami telah menghadiri undangan tanam perdana program food estate pengembangan kampung pisang untuk kelompok tani Bina Barata Desa Saka Lagun," katanya, Kamis sore 23 Desember 2021.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas ini menyambut baik dan mendukung adanya program tersebut, diharapkan bisa terus dikembangkan dengan baik.

"Program pemerintah ini sangat baik untuk masyarakat, semoga dengan adanya program ini masyarakat di Desa Saka Lagun bisa berkembang dan menjadi komoditi unggulan di desa," imbuhnya.

Sebelumnya, telah dilakukan tanam perdana bibit pisang unggul di atas lahan yang masuk kawasan program ketahanan pangan nasional atau food estate.

Tanam perdana bibit pisang itu dilaksanakan Kelompok Tani Bina Barata, di Handil Lunuk Desa Saka Lagun.

Pj Kepala Desa Saka Lagun, Muhammad Imron Rosikhin menyampaikan bibit pisang unggul yang ditanam merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Hortikultura yang disalurkan Dinas Pertanian setempat.

"Sudah dilaksanakan penanaman secara simbolis, dari lahan seluas 20 hektar, sebelumnya telah dilakukan penanaman di lahan seluas 10 hektare dan akan dilanjutkan kembali," ucapnya.

Dia menjelaskan jenis bibit pisang unggul yang ditanam didatangkan dari Sumatera varietas Manurun Tanjung, selain itu ada varietas lainnya yaitu Manurun atau Kepok Pontianak.

"Untuk penanamannya dengan sistem tukungan dan baluran atau sistem kultur jaringan," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru