Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Siwau Sudah Bisa Dilalui

  • Oleh Ramadani
  • 09 Februari 2022 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah berupaya dalam melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan. Salah satunya Jembatan Siwau Kecamatan Gunung Timang, karena jembatan darurat ambruk.

“Alhamdulillah jembatan Desa Siwau sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” kata Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik didampingi Camat Gunung Timang Arson, Selasa 8 Februari 2022.

Dinas PUPR memasang besi baja WF (wide flange) ukuran 300 dalam penanganan darurat Jembatan Siwau Kecamatan Gunung Timang, karena jembatan darurat ambruk.

“Untuk jembatan Siwau kita pasang empat batang baja wf 300  bentangan 12 meter di lokasi jembatan, agar transportasi masyarakat tidak terhambat," katanya. Lempengan baja yang mempunyai kekuatan tinggi sepanjang 12 meter dipasang di jembatan.

"Jadi empat batang baja tersebut dipasang di jembatan utama, yang khusus bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki, untuk mobil mungkin tidak bisa. Karena jembatan ini ada yang hanya terpasang bondek (material pelapis bawah cor, pengganti bekisting kayu (triplek), belum dicor," katanya.

Diberitakan, kerusakan jembatan di wilayah desa kian menjadi-jadi. Jembatan Siwau di Kecamatan Gunung Timang jebol, akibatnya jalur darat dari Kandui ibukota kecamatan menuju desa arah hulu Sungai Setalar putus.

Sejak bertahun-tahun pemerintah menjanjikan jembatan di desa bagian hulu Sungai Setalar akan diganti dengan konstruksi besi. Tetapi sampai Januari 2022 pergantian relatif lamban.

Warga bernama Rendi Ahmat memviralkan kerusakan sampai putusnya Jembatan Siwau di Facebook, Jumat 21 Januari 2022 pukul 15.40 WIB.

"Yth Bp bupati, Bp camat, kami dari warga Desa Batu Raya 1 ingin menyampaikan bahwa Jembatan Siwau telah jebol, tak bisa dilewati kendaraan roda empat muatan maupun kosongan. Kami mohon sekiranya dapat diperbaiki karena itu jalur akses utama dari Desa Batu Raya ke Kandui," sebutnya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru