Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Kenaikan Jumlah Penduduk, Pemda Diminta Terus Berinovasi Buka Lapangan Kerja

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Mei 2022 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mengantisipasi kenaikan jumlah penduduk setiap tahunnya di Kalteng, Anggota DPRD Kalteng, Natalia meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar bisa terus berinovasi terutama dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Menurutnya, apabila suatu daerah tidak memperhatikan hal tersebut maka akan berdampak pada kurangnya penduduk disuatu daerah karena banyak yang keluar guna mencari pekerjaan di wilayah lain, dan itu tentu berdampak pada perekonomian daerah itu sendiri.

"Inovasi untuk membuka lapangan kerja di daerah perlu dilakukan, agar masyarakat tidak kesulitan mencari pekerjaan, karena jika penduduk disuatu wilayah berkurang juga akan berdampak pada perputaran perekonomian, otomatis pendapatan derah itu sendiri berkurang," ucapnya, Jumat, 13 Mei 2022.

Dia menjelaskan, daerah yang banyak ditinggalkan sumber daya manusia (SDM) produktifnya akan berpengaruh terhadap pergerakan perekonomian daerah. Pasalnya, SDM yang produktif merupakan salah satu penggerak sektor perekonomian di daerah.

Dia mengatakan, ada banyak peluang usaha yang dapat dibuka oleh pemerintah di daerah untuk masyarakat seperti memberikan modal, membantu mengembangkan usaha baik disektor perikanan, perkebunan, pertanian, peternakan dan lain-lain.

"Dengan adanya pekerjaan di daerahnya sendiri maka masyarakat tidak akan pergi keluar daerah untuk bekerja. Karena memang masyarakat itu membutuhkan program-program yang bersentuhan langsung dari pemda. Maka dari itu sutau daerah harus bisa maju dan mandiri, sehingga masyarakat pun bisa berpartisipasi dalam upaya menjalankan roda perekonomian daerah," imbuhnya.

Berdasarkan data BPS Kalteng, dari sensus penduduk 2020 rata-rata laju pertumbuhan penduduk di Kalteng dari tahun 2010-2020 yaitu 1,84 persen per tahun. Laju pertumbuhan ini meningkat apabila dibandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk pada 2000-2010 yang hanya 1,79 persen.

Sementara itu, menurut hasil Proyeksi Penduduk Interim 2020-2023 BPS, jumlah penduduk di Kalteng yakni sebanyak 2.702.170 jiwa yang terdiri atas 1.401.573 merupakan laki-laki dan 1.300.597 perempuan. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru