Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengendali Frekuensi Muda: Siswa Generasi yang Dekat dengan Teknologi Informasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Juni 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinator Pantib Pengendali Frekuensi Muda, Ifit Citraningtyas mengatakan bahwa siswa sebagai generasi muda yang dekat dengan teknologi informasi perlu memahami penggunaan frekuensi radio agar tidak saling mengganggu.

Hal ini disampaikannya melalui rilis pada Selasa, 7 Juni 2022 pascamelakukan sosialisasi Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Penggunaannya dengan tema Generasi Muda Paham Frekuensi Radio dari Kementerian Informasi dan Informatika RI Balai Monitor atau Balmon Palangka Raya kepada para siswa SMAN 5 Palangka Raya pekan lalu.

"Para siswa dan masyarakat umum yang tertarik menggunakan frekuensi radio secara tertib, aman dan bertanggung jawab dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan izin penggunaan spektrum frekuensi radio yang sesuai dengan regulasi," kata Ifit.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran perlu dipahami.

"Melalui sosialisasi edukasi ini diharapkan siswa memahami bahwa  Balmon Palangka Raya bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian penggunaan spektrum frekuensi radio," terangnya.

Pemantauan, penertiban, dan penindakan terkait pelanggaran penggunaan frekuensi radio menurutnya menjadi tugas Balai Monitor yang merupakan Unit Pelaksana Teknis di daerah di bawah Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

"Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran," tuturnya lagi.

Kemeriahan sosialisasi itu dilengkapi dengan pembagian buku saku panduan komunikasi radio, interaksi tanya jawab, kuis berhadiah, dan simulasi penggunaan perangkat spektrum frekuensi radio. Para siswa kelas X MIPA-1, X MIPA-2, dan X MIPA-3 sebagai peserta pun menunjukkan antusiasmenya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru