Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Panas Masih Bermunculan di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 24 Juli 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik panas diduga kebakaran lahan masih bermunculan di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Titik panas tersebut terdeteksi satelit di Kecamatan Telaga Antang sebanyak 2 titik panas, dan Kecamatan Cempaga Hulu sebanyak 1 titik panas.

"Selain Kotim, di Kabupaten Katingan juga terdeteksi 2 titik panas, yakni di Kecamatan Tewang Sangalang Garing," jelas Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Minggu, 24 Juli 2022. 

Kondisi seperti ini berpotensi akan terus terjadi. Sebab, tidak terdapat pertumbuhan awan signifikan di kabupaten itu. 

"Pertumbuhan awan hanya terdapat di wilayah Kecamatan Antang Kalang, Kecamatan Cempaga Hulu, dan Kecamatan Telawang," katanya. 

Sementara itu, potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca di Kalimantan Tengah Kotim berstatus aman. 

Kemudian prakiraan curah hujan dalam 24 jam ke depan berdasarkan Weather Research Forecasting Data Assimilation berpotensi hujan ringan di Kotim. 

"Sedangkan potensi banjir per dasarian untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kotawaringin Timur masih kategori aman," kata Musuhanaya. 

Untuk informasi penjalaran arah angin pada hari ini, angin bertiup dari Tenggara menuju Barat Laut. 

Mengingat pertumbuhan awan yang masih minim, diharapkan tidak ada aktivitas yang berpotensi menimbulkan titik panas. Seperti membakar lahan. (USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru