Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa Penetapan Bupati Terpilih

  • 04 Februari 2016 - 21:02 WIB

Setelah sempat tertunda karena agenda dewan dan tugas partai mengawal Pilgub Kalteng, akhirnya DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akhirnya menggelar sidang paripurna istimewa Dalam Rangka Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim terpilih periode 2016-2021 dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kotim periode 2010-2015 di ruang paripurna DPRD Kotim, Kamis (4/2/2016).

Hadir dalam sidang paripurna itu, Penjabat Bupati Kotim Godlin, Wakil Bupati Kotim terpilih M Taufiq Mukri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kotim.

Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli mengatakan agenda sidang paripurna istimewa ini merupakan prasyarat sebelum digelarnya pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kotim terpilih. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendagri nomor 100/140/SJ tentang pengesahan, pengangkatan, dan pemberhentian gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota yang mengharuskan DPRD setempat menggelar paripurna istimewa mengumumkan hasil penetapan pasangan kepala daerah terpilih.

Kemudian, lanjut dia, risalah kegiatan tersebut disampaikan ke Pemkab Kotim untuk dikirimkan kepada Kementerian Dalam Negeri, sebagai kelengkapan administrasi untuk menggelar pelantikan. 'Sekarang untuk pelantikan tidak melalui rapat paripurna istimewa. Maka sebagai gantinya ada rapat untuk mengumumkan pemenang pilkada. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada dan surat dari Kemendagri tanggal 19 Januari,' terang dia.

Ditemui di tempat yang sama, Penjabat Bupati Kotim Godlin mengatakan Pemkab siap meneruskan berita acara paripurna istimewa dan dokumen persyaratan administrasi lainnya ke Pemprov Kalteng. 'Nanti dari pemprov yang membuat surat pengantar dan memproses ke Kemendagri. Harapan kami bisa cepat sehingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pun bisa segera dilakukan,' kata dia. (RF/B-8)

Berita Terbaru