Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Lakukan Pencegahan PTM Sasar Pelajar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Oktober 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kapuas melakukan pencegahan Penyakit Tidak Menular atau PTM menyasar para pelajar.

Seperti yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Puskesmas Melati sebagai deteksi dini faktor risiko di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuala Kapuas.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. 

"Sumber daya manusia yang sehat akan lebih produktif dengan demikian sekolah juga menjadi sasaran strategi dari kegiatan pencegahan dan pengendalian PTM," katanya, Senin, 31 Oktober 2022.

Dijelaskannya kegiatan ini terintegrasi dengan program usaha kesehatan di sekolah. Juga diisi dengan penyuluhan kesehatan dilanjutkan pengukuran antropometri, tekanan darah, pemeriksaan gangguan indera penglihatan dan indera pendengaran, dan pemeriksaan kadar CO dalam darah mengunakan alat CO Analizer.

Lebih lanjut, ia mengatakan kondisi perilaku anak sekolah yang cenderung tidak sehat seperti kurang konsumsi sayur dan buah, kurang aktivitas fisik berpotensi menyebabkan meningkatnya penderita penyakit tidak menular.

"Oleh karenanya dilakukan kegiatan deteksi dini di sekolah yaitu pemeriksaan kesehatan untuk menemukan faktor risiko penyakit tidak menular sedini mungkin sehingga dapat di tangani sesegera mungkin," ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat di lakukan secara berkesinambungan dan sekolah secara mandiri melalui program UKS melakukan kegiatan deteksi dini faktor risiko ini. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru