Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Warga Buang Sampah pada Tempatnya Rendah

  • 05 Februari 2016 - 21:26 WIB

KESADARAN warga Katingan membuang sampah pada tempatnya dinilai rendah. Sebagian besar mereka lebih memilih membuang sampah sembarangan ketimbang ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Demikian diutarakan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Katingan, Hap Baperdo, Jumat (5/2/2016).

Penelitian yang dilakukan BLH masih banyak warga membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai sebanyak 63%, selebihnya sebanyak 37% sudah membuang sampah ke tempat penampungan sampah sementara (TPS) atau tempat penampungan sampah lainnya.

'Waktu itu saya saat melintas di Jembatan Kasongan, saya melihat ada warga yang membuang sampah sekarung dari atas jembatan ke sungai,' cerita Hap.

Hap mengaku sangat sedih ada warga yang masih membuang sampah di sungai tersebut.

Pasalnya, jika semua sampah rumah tangga banyak dibuang ke sungai, termasuk Sungai Katingan, maka air sungai tersebut akan tercemar dari berbagai macam kotoran yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan juga zat kimia berbahaya lainnya.

'Terkait masalah sampah ini Pemda Katingan berencana membuat Perbub yaitu tentang petunjuk pelaksanaan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,' kata Hap Baperdo.

Saat ini rencana Perbub itu masih berada di meja Bupati Katingan.

'Sebab Pa Bupati minta pada 2019 nanti sudah tidak ada lagi permasalahan sampah di wilayah kita ini,' imbuhnya. (GP/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru