Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDM Atasi Kebakaran Lahan Perlu Ditingkatkan

  • 05 Februari 2016 - 21:28 WIB

SUMBER daya masyarakat (SDM) menjadi salah satu persoalan dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya upaya penanggulangan kebakaran.

Peningkatan SDM penanggulangan kebakaran tersebut menurut Camat Seba'ngau Herman Wibowo, perlu dilakukan.

'Permasalahan yang juga sering menjadi sebab cepat terbakarnya lahan adalah kurangnya sumber daya manusia yang cakap dalam pengendalian kebakaran lahan di banyak  desa. Misalnya saja Sebangau Kuala yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan hanya fokus pada pemeliharaan tanaman tanpa tau upaya penanggulangan api yang datang dalam skala besar,' katanya, Jumat (5/2/2016).

Kecakapan SDM dalam upaya untuk mengkomunikasikan saat terjadi kebakaran dengan pemerintah dan pihak terkait kata dia perlu dilakukan peningkatan.

'Misalkan beberapa desa yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan dilatih dengan kemampuan khusus terutama dalam  upaya pelestarian lingkungan, antisipasi kebakaran serta kecakapan untuk berkomunikasi dengan pihak pemerintah,' ujarnya.

Masalah penanganan kebakaran lahan kata dia sudah menjadi sebuah isu dan masalah tahunan di Pulang Pisau bahkan menjadi isu nasional untuk ditanggula'ngi.

'Ini tidak hanya menjadi pemikiran oleh pemerintah saja, namun lebih luas masyarakat dan pihak-pihak lain juga dituntut untuk bisa ikut memperhatikan penanggulangan masalah kebakaran,' ujarnya.

Demikian juga dikatakan Wahyuni, warga Pulang Pisau' yang juga aktif seba'gai pegiat lingkungan. 'Bagaimana pun juga  masyarakat harus ambil bagian dalam upaya pencegahan kebakaran.

Selama ini justru yang terjadi kedatangan aktivis lingkungan justru dianggap sebagai pihak pembawa proyek. Harusnya direspon lebih dari itu.' (DY/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru