Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saksi Wibawa Terusir dari Pleno Penghitungan Suara

  • 05 Februari 2016 - 23:29 WIB

 

Emanuel MiloWawo, saksi dari paslon Willy-Wahyudi terpaksa terusir dari kursi saksi saatpleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat KPU Kalteng, Jumat (5/2).Gara-garanya, dia 'ngeyel' saat diperingatkan Daan Rismon, Komisioner KPUKalteng yang memimpin sidang. Saat itu, sedang alot pembahasan rekapitulasikabupaten Lamandau.

 Milo yangsaat tersebut mendampingi Eko Sigit, tidak terima 'debat panas' mengenai peristiwa segel hilang dan tidak adanya amplop di Lamandau dihentikanoleh Daan. Milo juga terus mencerca KPU Kalteng meski tidak diberikankesempatan bicara. 

Ia inginterus membahas rekapitulasi di Lamandau, sembari menuding ada penambahan ribuanpemilih di luar DPT.Sementara,  Daan juga bersikeras masalah yang disampaikan duasaksi dari paslon 2, selalu mengulang persoalan padahal sudah dijelaskan KPULamandau dan diklarifikasi oleh Panwaslih maupun Banwaslu. Sehingga Daanberkesimpulan agar keberatan ditulis di form yang disediakan. 

Iaberpendapat, kalau terus meladeni keberatan yang padahal sudah diklarifikasibeberapa pihak terkait, tidak pernah akan selesai. Kepada Milo ia jugategaskan, bisa saja ia mengusir karena sebagai pimpinan sidang berhak mengaturdan mengelola sidang dengan baik.

"Waktuanda tinggal 1 menit lagi untuk bicara, setelah itu kalau tidakmengindahkan, silahkankeluar karena mengganggu jalannya sidang," tukas Daan sembarimenyilahkan KPU Gunung Mas menyampaikan hasil perhitungan. 

Bahkan dianyaris dikeluarkan paksa aparat keamanan. Dua perwira menengah berpangkat AKBPberada di sampingMilo, tinggal menunggu aba-aba dari pimpinan sidang. Sebab rupanya Milo tidakberhenti. Di selapembacaan hasil rekap oleh KPU Gunung Mas, ia tetap saja berbicara menggunakanmikropon, dan tetap saja tidak ada yang menggubrisnya.

Merasa tidakdigubris, ia akhirnya meminta form keberatan dari KPU. Aparat yang tadinya siapmenarik lengan Milo untuk keluar, pun melemah seiring tidak adanya permintaanKPU. Setelah diberikan Form, Milo pun keluar dari arena dan posisinyadigantikan oleh saksi lainnya. (RZ/*)

 

Berita Terbaru