Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Kurang Pegawai, BKD tak Rekrut PTT

  • 06 Februari 2016 - 14:29 WIB

LAPORAN: RAFFIUDIN (Sampit)

PEMERINTAH Kabupaten Kotawaringin Timur memastikan tahun ini tidak akan membuka lowongan pegawai tidak tetap (PTT). Meski di daerah itu mengalami kekurangan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara. "Kalau membuka secara umum kami masih belum ada, tapi mungkin ada rencana dari beberapa SKPD yang akan mengangkat tenaga kontrak saja," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto, di kantornya, Sabtu (6/2/2016).

Perekrutan itu dicontohkan Alang seperti rencana Dinas Pendidikan setempat untuk mengangkat tenaga kontrak dari pegawai yang sudah mengabdikan diri. Mereka bertugas dengan status sebagai tenaga honorer yang pembiayaannnya berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan honor sekolah.

Meski demikian, Alang mengaku tidak mengetahui secara persis berapa formasi yang akan disediakan dan kapan hal itu akan terlaksana, sebab pihaknya hanya bertugas untuk memfasilitasi tes yang menggunakan CAT BKD. "Kalau persisnya seperti apa kami kurang tahu, karena satuan kerja perangkat daerah yang bersangkutan yang lebih tahu. Kemudian tes yang kami fasilitasi itu sama seperti tes ketika perekrutan CPNS," terangnya.

Terkait kekurangan PNS di wilayah itu, kata Alang pihaknya saat ini masih menunggu informasi dari pusat apakah diberikan kuota formasi untuk perekrutan CPNS.

Kekurangan tenaga PNS, lanjutnya tak hanya terjadi di wilayah pedalaman saja namun juga terjadi di wilayah perkotaan. Bahkan kekurangan pegawai itu terbagi merata baik itu untuk  tenaga kesehatan, pendidik dan juga teknis.

"Memang yang paling banyak itu untuk tenaga kesehatan dan pendidik. Tapi semakin kesini kebutuhan kita untuk tenaga teknis juga semakin besar. Jadi ya hampir merata," tandasnya. (FI/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru