Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

NU Kalteng Dukung Hasil Pleno Pilgub KPU

  • 06 Februari 2016 - 22:13 WIB

LAPORAN TESTI PRISCILLA (Palangka Raya)

PENGURUS Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyelesaikan Konferensi Wilayah XI. Hasilnya, Said Ahmad Fauzi Ahmad Bachsin sebagai ketua tanfidziyah yang baru.

Usai pemilihan, ketua terpilih bersama dengan Ketua Syuriah PWNU Kalteng, Abdul Wahid Aha menggelar jumpa pers yang menyatakan sikap terkait pelaksanaan pleno penghitungan suara pemilihan gubernur (pilgub) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng.

'Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalimantan Tengah mendukung hasil keputusan pleno KPU Kalteng yang menetapkan H Sugianto Sabran dan Habib H Said Ismail sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih sejak sekarang sampai lima tahun mendatang,' ungkap Abdul Wahid Aha membacakan surat pernyataan sikap tersebut, Sabtu (6/2/2016).

Sementara itu, Said Fauzi menyebut dukungan yang diberikan NU Kalteng bersama seluruh NU Cabang kabupaten/kota terhadap hasil pleno bukan bentuk politik praktis. Namun, menurutnya, NU memang tidak pernah melarang warga NU untuk terlibat politik karena memang NU berdiri pada awalnya dalam dunia politik.

'NU dulunya kan memang di dunia politik. Tapi politik melawan penjajahan Belanda. Dan sampai sekarang kita tidak mengharamkan dunia politik,' kata Said.

Meski begitu dikatakannya NU memegang teguh tiga hal dalam dunia politik, yaitu politik etis, dimensi politik praktis dan dimensi politik normatif. 'Politik Etis kita dalam rangka pendidikan politik yaitu membebaskan hak dan kewajiban warga NU untuk terlibat di dunia perpolitikan. Dimensi Politik Praktis artinya kita ada di politik praktis, namun hanya dalam hal mencetak kader bangsa dan didistribusikan di partai politik. Silakan di parpol mana saja. Kemudian dimensi politik normatif, dalam rangka memberikan masukan sehingga dunia perpolitikan tetap tidak menyimpang dari aturan,' tutupnya. (B-10)

Berita Terbaru