Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Penghujan, Ular Masuk ke Permukiman Warga

  • 10 Februari 2016 - 22:44 WIB

MUSIM penghujan yang melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam sebulan terakhir, memancing ular keluar dari sarangnya. Ular tersebut juga mengancam sejumlah ternak warga.

Seperti yang terjadi pada ayam ternak milik Reksy Musliminnur, warga Gg Sungkai, Jl Cristopel Mihing, Kecamatan Baamang, Minggu (7/2/2016). Ayam milik Reksy menjadi santapan ular dan hanya menyisakan bulu. 'Sempat saya lihat dan hendak saya bunuh, namun dia berhasil kabur dari kandang ayam tersebut,' ujar Reksy, Rabu (10/2/2016).

Setelah berhasil memakan seekor ayam tersebut, entah ular yang sama atau ular lainnya kembali ditemukan warga berusaha memangsa kera yang dipelihara oleh tetangga Reksy, Selasa (9/2/2016)) malam. Beruntung aksi ular itu diketahui warga. 'Ular itu ditemukan pada pukul 03.00 WIB, dan dibunuh menggunakan tombak,' lanjut Reksy.

Sementara itu, penemuan ular juga terjadi di Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (8/2/2016). Kali ini ular sanca berukuran sekitar 3,5 meter dengan berat kurang lebih 20 Kg mendekati kandang ayam warga.

Warga yang melihat hal itu langsung geger dan menangkapnya. setelah berhasil diamankan, mereka langsung membawanya ke pembeli ular di daerah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Sementara itu, Komandan BKSDA Sampit Muriansyah mengimbau warga agar selalu berhati-hati saat bertemu dengan hewan tersebut. Karena sangat berbahaya dan bisa saja menyerang dengan bisanya yang mematikan.

'Ular Cobra atau dikenal Sendok itu sangat berbahaya. Karena cobra memiliki bisa Neurotoksin yang cukup kuat dan bisa mematikan,' ungkap Muriansyah.

(MH/B-2)

Berita Terbaru