Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalsel Resmi Operasikan Klinik Terapung

  • 10 Februari 2016 - 22:49 WIB

KEPOLISIAN Daerah Kalimantan Selatan mulai meng'ope'rasikan klinik terapung untuk membantu mening'kat'kan pelayanan kesehatan warga yang tinggal di ban'taran Sungai Martapura.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Putut Eko Bayuseno saat pembukaan klinik terapung di Banjarmasin, Rabu (10/2/2016), mengatakan bahwa klinik terapung dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat bantaran sungai.

Menurut Putut, secara nasional, pembangunan klinik terapung baru dilakukan Polda Kalsel dan akan dijadikan model atau contoh bagi polda-polda lain di Indonesia.

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pinggiran Sungai Martapura maupun Sungai Barito selama ini belum bisa dilaksanakan maksimal.

Penyebabnya ialah keterbatasan sarana dan prasarana trasportasi air. Sehingga tidak jarang pelayanan kesehatan kepada masyarakat sering terlambat.

'Ini bisa menjadi percontohan di Indonesia, di mana Polri memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,' kata Putut.

Selain poliklinik terapung, Komjen Putut  juga meres'mi'kan 11 rumah kantor (rukan) Bhabinkamtibmas di wi'layah Polres Tanah Laut, melengkapi 58 rukan yang ter'sebar di seluruh Kalsel.

'Rukan Bhabinkamtibmas sebagai kantor polisi terde'kat bagi masyarakat dan sarana bermusyawarah bagi apa'rat dan masyarakat,' katanya.

Kapolda Kalsel Brigjen Agung Budi Maryoto menga'ta'kan, klinik terapung berdiri berkat kerja sama Ditpolair, Biddokkes, dan BPJS. Klinik itu dilengkapi ruang IGD, poli gigi, poli umum, apotek, ruang rawat sementara, laborato'ri'um, ambulan darat, ambulan perairan, dan dua dokter. Selain itu juga dilengkapi dengan der'ma'ga tempat sandar transportasi air. (Ant/B-3)

Berita Terbaru