Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Disebabkan Air Pasang

  • 10 Februari 2016 - 22:50 WIB

GENANGAN air yang terjadi di sejumlah titik di Kota Ban'jar''masin, menurut Kepala Di'nas Sumber Daya Air dan Drainase (SDAD) Muryanta, bu'kan semata disebabkan hu'jan. Namun diakibatkan pula oleh air pasang.

'Jadi bukan semata-mata ka'rena hujan deras adanya ge'nangan air itu, tapi saat itu terjadi pula air pasang hing'ga membuat drainase pe'nuh air,' ujarnya, Rabu (10/2/2016).

Menurut dia, drainase di dae'rah ini masih berfungsi dengan baik. Namun karena terjadi air pasang menyebabkan sampah terkumpul dan menyumbat aliran air. Hal itu berdampak pada ter'ja'dinya genangan air yang cukup lama.

'Tapi dari pantauan kita, rata-rata genangan yang ter'jadi saat hujan deras itu ha'nya sekitar 5 centimeter. Na'mun karena ada motor yang lewat seakan genangannya seperti setengah lutut,' ucapnya.

Dipaparkan Muryanta, ge'na'ngan yang masih dibatas nor'mal itu terlambat kering lan'taran permukaan air su'ngai cukup tinggi. Seperti yang terpantau pada Rabu pa'gi ketinggian air sungai ma'sih 0,9 meter, namun siang'nya naik menjadi 1,5 me'ter, dan sorenya mencapai 2 meter lebih.

'Akibatnya, daerah yang cukup rendah seperti di Jalan Ahmad Yani Km 1, Jalan Jati, Lambung Mangkurat, dan Dahlia, terdampak genangan air,' ungkapnya.

Yang menghawatirkan, ucap''nya, bila hu'jan turun ber''samaan dengan air pa'sang. (Ant/B-3)

Berita Terbaru