Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Berencana Ubah Tempat Pembungan Akhir Sampah Jadi TPS Sanitarian

  • 10 Februari 2016 - 22:59 WIB

BADAN Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sukamara be'rencana mengubah nama tem'pat pembuangan akhir (TPA) sampah menjadi TPA sa'nitarian.

Perubahan nama itu bakal di'barengi dengan penambah'an fungsi TPA.

Bila saat ini TPA hanya men''jadi tempat menumpuk sam''pah, namun seiring peru'ba'han nama tersebut, TPA akan berfungsi pula sebagai tem'pat pengelolaan dan pe'ngo'lahan sampah.

'TPA Sanitarian ini juga men'jadi salah satu syarat pe'ni'''laian Adipura. Jika suatu dae''rah masih menggunakan TPA biasa tidak akan masuk dalam daftar penilaian Adi''pura,' kata Kepala BLH Su''kamara Iwan Miraza saat ditemui Borneonews, Rabu (10/2/2016).

Saat ini pembangunan TPA sa'nitarian tengah dikerjakan oleh rekanan Dinas Pekerja'an Umum (PU) Sukamara. Ia berharap proyek itu bisa se'lesai secepatnya.

'Beberapa waktu lalu kita sudah mengadakan rapat Amdal (Analisi Dampak Lingkungan) di Kota Palangka Raya untuk membahas TPA. Dalam pembangunannya TPA akan diubah menjadi sa'nitarian dan saat ini tengah di'kerjakan oleh Dinas PU,' ka'ta Iwan.

Ia menuturkan, selepas ra'pat di Kota Palangka Raya, pi''''hak'nya langsung menggelar pertemuan dengan lurah dan pejabat Dinas Pekerjaan Umum. Pertemuan itu untuk  mem'bahas pembangunan TPA sanitarian.

Dari pertemuan itu disepa'ka'ti pembangunan TPA sani'ta'rian dilakukan secara ber'ta''hap. Di mulai dari Desa La'man Baru, Kecamatan Per'mata Kecubung.

'Pembanguan TPA sanita'ri'an dilakukan secara berta'hap, di Laman Baru dikerja'kan seluar 10 hektare saja. Un'tuk luasan TPA yang ada se'harusnya mencapai 20 hek'tare,' ucapnya. (MG13/B-3)

Berita Terbaru