Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar Kritik Perusahaan Swasta Tak Mampu Kelola Dana CSR

  • 11 Februari 2016 - 16:14 WIB

Wakil ketua II DPRD Kabupaten Kobar Ahmadi Riansyah melemparkan kritik pedas terhadap sejumlah perusahaan swasta di Kabupaten Kotawaringin Barat. Anggota dewan itu menilai program Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan swasta tidak berjalan semestinya. 

"Secara umum, CSR perusahaan di Kobar ini belum berjalan baik. Bahkan ada beberapa perusahaan yang sama sekali tidak memporgramkan CSR. Pemerintah perlu melakukan pendampingan untuk seluruh perusahaan swasta yang ada, serta koordinasi lagi untuk memaksimalkan CSR guna membangun kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama," ungkap Ahmadi, Kamis (11/2/2016).

Misalnya, tambah dia, infrastruktur jalan desa yang dibangun atau diperbaiki perusahaan di wilayah kerja produksi mereka sering dikaitkan dengan program CSR. Padahal, menurutnya, itu bukan CSR, karena jalan tersebut ujung-ujungnya digunakan juga oleh perusahaan. 

Menurutnya, CSR dalam infrastruktur jalan yakni infrastruktur yang diselaraskan dan dikolaborasikan dengan sejumlah program yang ada di desa dan pemerintah daerah. Bukan hanya di desa yang berada di wilayah perusahaan mereka. 

"Harusnya dana CSR ini mencukupi untuk membangun Kabupaten Kobar. Ini PR bagi pemerintah daerah untuk menggalinya," tutur Ahmadi Riansyah.

Di Kecamatan Pangkalan Banteng ada beberapa perusahaan yang belum maksimal dalam menyalurkan dana CSR. "Kegiatan yang sifatnya insidensial seperti proposal yang disampaikan, kemudian bantuan hewan kurban. Saya rasa itu bukan CSR," ujarnya. [CP/m]

Berita Terbaru