Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suyuti Syamsul: Kalteng Miliki 30 Labkes Swasta dan Pemerintah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 November 2022 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menyampaikan Kalteng memiliki 30 Laboratorium Kesehatan (Labkes).

“Saat ini wilayah Provinsi Kalteng terdapat 30 laboratorium kesehatan, baik milik Pemerintah Daerah maupun milik swasta, serta tiga UTD," tuturnya.

Namun, ia mengatakan dari 30 laboratorium kesehatan yang ada, baru 18 yang teregistrasi melalui aplikasi registrasi fasyankes.kemkes.go.id

Suyuti menyampaikan pelayanan Laboratorium Kesehatan menjadi bagian dari pelayanan kesehatan yang  dilaksanakan oleh berbagai jenis laboratorium kesehatan.

Laboratorium ini diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta dalam suatu jaringan pelayanan laboratorium kesehatan mulai dari tingkat Kecamatan sampai ke Tingkat Nasional.

Sementara itu, Unit Tranfusi Darah (UTD) adalah Unit Donor Darah PMI merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pengarahan dan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah, dan pendistribusian darah.

Laboratorium Kesehatan dan UTD merupakan bagian dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan mempunyai peranan penting dalam penegakan diagnosa dan keselamatan pasien. (HERMAWAN DP/B-5) 

Berita Terbaru