Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fenomena GMT Tak Membuat Hotel Dandang Tingang Perlu Berpromosi

  • 11 Februari 2016 - 23:16 WIB

SEJUMLAH hotel di Palangka Raya getol mempromosikan gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016 sebagai daya tarik wisata. Namun, manajemen hotel Dandang Tingang, tidak melakukan hal yang sama.

Santos, Manajer Marketing Hotel Dandang Tingang mengatakan, pihaknya tak perlu lagi mempromosikan GMT untuk mengundang tamu. Ini karena kapasitas hotel milik Pemprov Kalteng, yang cuma 54 kamar itu sebagaian telah terboking kegiatan PNS.

'Dandang Tingang tidak akan promosi untuk menyongsong GMT tersebut, karena memang tidak berani terima tamu lagi. Ada kegiatan PNS. Mereka ada 13 grup dan sudah booking 33 kamar. Mereka antara dua malam menginap di rentang peristiwa GMT itu. Kita adanya cuma 54 kamar, nah sisanya itu ada yang juga booking juga, sehingga kita tidak berani open,' ujar Santos kepada Borneonews, Kamis (11/2/2016).

Lain Dandang Tingang, lain pula hotel Luwansa. Manajemen Hotel berbintang di Jalan G Obos ini masih menawarkan paket wisata dan justru merasa kurang pereservasi. Perwakilan manajemen Luwansa, Ratna, mengaku baru ada 30 wisatawan yang memang benar-benar khusus untuk melihat GMT.

'Baru terima 30 reservasi, mereka individu, bukan tim atau kelompok/grup wisatawan yang terkodinir. Banyak diantara mereka orang Jepang. Mereka tidak reservasi langsung melainkan melalui agen trave dan aplikasi jasa pencarian hotel seperti Traveloka,' terangnya.

Sementara Zen Achmad Riza, General Manajer Swissbell Hotel Danum Palangka Raya juga mengungkap hal berbeda. Menurut dia, tidak harus menggaet wisatawan mancanegara, melainkan harus juga menyasar wisatawan lokal dan regional seperti warga provinsi tetangga.

'Kita tidak jual hanya untuk sasaran wisatawan luar negeri, tapi wisatawan lokal seperti Banjarmasin juga bisa kok. Saat ini sudah ada 80 orang yang booking pada tanggal tersebut dan memang dalam rangka GMT. Ini akan terus kami promosikan agar tingkat hunian terpenuhi,' ucapnya. (RZ/B-10)

Berita Terbaru