Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siang Ini Presiden Lantik Tujuh Pasang Gubernur Baru di Istana

  • 12 Februari 2016 - 11:11 WIB

SESUAIdengan agenda yang ditetapkan, hari ini Presiden Joko Widodo bakal melantik para gubernur terpilih, hasil Pemilukada  9 Desember 2015.  Pelantikan yang akan berlangsung di IstanaNegara itu diperkirakan akan dilakukan pukul 14.00 WIB.  Tujuh gubernur dan wakil gubernur itu akandilantik secara serentak/sekaligus.

Menurutrencana,  sebagaimana dikemukakanMendagri Tjahjo Kumolo beberapa hari lalu, pelantikan tersebut akan dilaksanakan hari ini pukul 10.00 WIB. Tetapi  karena Presiden  masih ada pertemuan  dengan delegasi  PresidenAsian Development Bank (ADB)  Takehiko Nakao, maka pelantikan  gubernur tersebut diundur.

Siapa saja tujuhpasangan gubernur-wakil gubernur yang akan dilantik hari ini

Mereka adalah    Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah (Bengkulu),   IriantoLambrie -Udin Hianggio  (Kalimantan Utara),  Muhammad Sani -Nurdin Basirun (Kepulauan Riau),  Olly Dondokambey -Steven  Octavianus (Sulawesi Utara),  Sahbirin Noor -Rudi Resnawan (Kalimantan Selatan) , Zumi Zola -Fachrori Umar (Jambi), Irwan Prayitno -Nasrul Abit (Sumatera Utara).

Setelahpelantikan gubernur selesai, giliran nanti akan dilakukan pelantikan para bupati.  Mereka akan dilantik pada tanggal 17Februari 2016. Pelantikanitu dilakukan serentak olehgubernur  di ibukota provinsi  masing-masing. Bupati-wakil bupati yang akan dilantik pada17 Februari nanti berjumlah  202bupati dan wali kota.

Sebagaimanadikemukakan Mendagri Tjahjo,  " Ada  4 kabupaten/kota dan 1 provinsi diundur, 7Bupati, Wali Kota masih diproses sengketa di MK," ujarnya.

Sedangkan  pelantikan  untuk  gelombang dua,  akandilakukan bulan Maret 2016. Yaitu pelantikan untuk 11 bupati, wali kotadan 1 Gubernur Kalimantan Tengah , jika tidak ada masalah sengketa di MK.  "BulanJuni 2016, (pelantikan) 1 Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengahdan 30-an bupati, wali kota," lanjut  Tjahjo kala itu.

Tetapikenyataannya,  untuk  Gubernur Kalimantan Tengah  kini masalahnya (sengketa) sedang ditangani oleh MK. Karena itu, bisa saja jadwal yang ditentukan tadi  bergeser. (*)

Berita Terbaru