Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Warga Lamandau Jangan Alihfungsikan Lahan Pertanian'

  • 12 Februari 2016 - 17:34 WIB

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamandau H Tommy Hermal Ibrahim mengimbau masyarakat agar tidak mengalihfungsikan lahan pertanian menjadi kebun sawit ataupun karet.

"Kalau lahan itu milik pribadi masyarakat, memang kita tidak bisa mendikte harus ditanami komoditi tanaman jenis apa. Akan tetapi, kalau memang lahan tersebut untuk pertanian, jangan sampai dialihfungsikan," ujar Tommy Hermal Ibrahim, Jumat (12/2/2016)

Sebab, lanjut dia, kalau sudah jadi kebun nantinya ketika ingin bertani seperti menanam padi, tentu tidak akan bisa.

"Apalagi, kalau lahan pertanian tersebut adalah suatu kawasan yang yang ditetapkan oleh pemerintah, namun ternyata dialihfungsikan terlebih oleh pihak ketiga, tentu itu keliru," ujarnya

Intinya, kata Tommy, Dinas Pertanian, jangan terburu-buru menetapkan suatu wilayah menjadi suatu kawasan pertanian untuk tanaman pangan, tanpa melakukan kaji potensi terlebih dahulu.

"Sebab tidak semua wilayah layak dijadikan lahan pertanian," katanya.

Selanjutnya, imbuhnya lagi, jika sudah melakukan kaji potensi dan ternyata layak untuk jadi lahan pertanian, maka tentu butuh pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan dari dinas terkait. Karena, tidak semua petani memahami pola bertani yang baik. Terlebih dengan teknologi pertanian yang ada saat ini. (Gdi/m)

Berita Terbaru