Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rakumpit Bisa Maju Jika Dibangunkan Jembatan

  • 12 Februari 2016 - 20:28 WIB

KETUA DPRD Palang'ka Raya, Sigit Karya'wan Yunianto me'min'ta pemerintah' ko'ta atau dinas teknis me'nyiapkan dana untuk mem'ba'ngun jembatan yang meng'hubungkan daerah ter'pencil.

'Selama ini akses ke wila'yah terpencil hanya bisa di'lakukan melewati jalur sungai,' kata politisi PDIP ini.

Sigit mencontohkan wila'yah Kecamatan Rakumpit. Dimana beberapa kelurahan di wilayah kecamatan pali'ng' pinggir ini hanya bisa di'akses dengan perahu atau ke'lotok.

'Jadi untuk mempermudah ak'ses masyarakat pinggiran' maka pemerintah kota perlu' membuatkan terutama jembatan penghubung. Jika dibu'atkan jembatan maka pembangunan daerah pinggiran su'lit berkembang,' ujarnya.

Dia mengatakan akibat ter'ba'tasnya akses transportasi, dampaknya aktivitas perekonomian seperti jual beli tidak maksimal. Padahal aktivitas itu merupakan salah satu indikator kemajuan ekonomi suatu daerah.

'Mereka mau menjual hasil' bumi saja sulit, bagai mana mau maju dengan pesat perekonomian di sana. Sangat di'sayangkan, padahal poten'si pertanian di sana cukup ba'gus, tapi saat ini kurang berkembang karena sulitnya tran'sportasi,' katanya.

Dampak lainnya, sebagian pe'gawai negeri yang ditugaskan di Rakumpit juga enggan berkantor.

'Jaraknya jauh. Aksesnya su'lit membuat pegawai tidak betah ditempatkan di sana. Jika sudah begitu pelayanan yang diberikan tidak maksimal dan warga yang menjadi korban,' katanya lagi.

Untuk itu Sigit kembali ber'ha'rap pemerintah kota bisa menganggarkan dana untuk membangun jembatan di wi'layah yang saat ini belum bisa ditempuh dengan jalur da'rat.

'Masyarakat di sana warga ki'ta juga. Penganggaran itu ti'dak harus dilakukan sekali'gus, tapi bisa bertahap sesuai kemampuan APBD. Jika pe'merintah tidak berani, maka sampai kapan pun jembatan itu tidak akan terbangun,' tegasnya. (Ant/B-6)

Berita Terbaru