Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Swasta Digandeng untuk Gaet Wisatawan

  • 12 Februari 2016 - 23:10 WIB

SEJUMLAH pengusaha perhotel'an dan agen travel dikumpulkan di Dinas Pariwisata dan Ekono'mi Kreatif (Disparekraf) Kota Pa'langka Raya, Jumat (12/2/2016).

Tujuannya untuk merumuskan ber'sam'a formula dalam menggaet wisatawan menjelang Palangka Raya Eclipse Fes'tival 2016 yang dilangsungkan saat mo'men gerhana matahari total (GMT) pa'da 9 Maret mendatang.

Dengan adanya formulasi yang tepat, diharapkan kehadiran wisatawan ti'dak hanya terjadi pada momen GMT, tetapi bi'sa tinggal lebih lama dan menikmati po'tensi wisata yang ada di 'Kota Cantik'.

Kehadiran wisatawan selama beberapa hari di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah diyakini bisa menguntungkan daerah. Selain menambah tingkat hu'nian hotel, juga berimbas pada pen'dapatan di sektor pariwisata.

Untuk mewujudkan harapan itu, Dis'pa'rekraf menyiapkan lima spot pariwisata yang siap dijual kepada wisatawan. Meliputi Tugu Sukarno dan Jembatan Kahayan, Sirkuit Sabaru, Desa Wisata Sei Gohong, Nyaru Menteng, dan Taman Alam Bukit Tangkiling. Kelima spot itu akan dipaketkan dalam promosi GMT.

Tidak cuma itu, Disparekraf masih me'nambah rangkaian kegiatan dengan aca'ra budaya dan tarian tradisional di pusat kota yang dijadwalkan berlang'sung pada 6-9 Maret 2016. Lokasi uta'ma acara budaya yakni di Stadion Sa'naman Mantikei.

Sementara itu, menurut penuturan pa'ra pengusaha perhotelan, sejauh ini se'bagian besar kamar hotel telah dibooking sejumlah tamu yang mayoritas warga negara asing. Para tamu itu terdeteksi datang ke Palangka Raya da'lam rangka melaksanakan penelitian ilmiah.

'Kami sudah ada  booking 80 kamar untuk tanggal tersebut (9/3/2016). Te'ta'pi banyak yang (cuma menginap) sehari dua hari saja. Pada (8/2) malam datang, lalu (9/3) kan Nyepi. Perlu disiapkan agar mereka betah bertahan lama di si'ni,' ungkap General Manajer Swisbell Hotel Danum Palangka Raya Zen Achmad Riza kepada Borneonews.

Sementara itu, terkait rencana Pemkot Palangka Raya menggandeng pe'laku UMKM dengan menata stan promosi di sekeliling Stadion Sanaman Man'tikei pada saat berlangsungnya GMT, masih akan dibahas.

Kepala Bidang UMKM Diskoperindag Ko'ta Indriyati Rita Dewi mengatakan, perlu disepakati dulu konsep dan dura'si'nya. (B-3)

Berita Terbaru