Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Kalteng Hentikan Sementara Program KUR

  • 14 Februari 2016 - 13:43 WIB

Bank Pembangunan Kalimantan Tengah (Bank Kalteng) Cabang Buntok, Barito Selatan, menghentikan sementara program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

'Ini berdasarkan intruksi dari Bank Kalteng pusat di Palangka Raya beberapa waktu lalu dan ini berlaku se Kalteng,' kata Kasi Pemasaran Bank Kalteng Cabang Buntok, Syukur Haryono kepada Borneonews, baru-baru ini.

Ia mengatakan, pemberhentian program itu untuk sementara waktu lantaran jumlah tunggakan dari sisa pengembalian kredit yang telah digulirkan mencapai delapan persen.

'Padahal idealnya, jumlah tunggakan antara kredit yang diberikan dengan jumlah pengembalian yang masuk secara keseluruhan maksimal lima persen,' jelasnya.

         

Ia menyebutkan, untuk jumlah plafon dana yang telah digulirkan bagi UMKM di Barito Selatan pada 2014 Rp12,2 miliar dan sisa pengembalian kreditnya mencapai Rp6,2 miliar.

'Kalau dihitung dari sisa pengembalian tersebut, jumlah tunggakannya mencapai kurang lebih Rp500 juta,' bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya memfokuskan untuk melakukan penagihan terhadap sisa kredit yang belum dikembalikan tersebut.

'Bagi UMKM yang saat ini ingin mengajukan pinjaman tidak melalui program itu lagi, melainkan melalui jalur umum yang prosesnya tidak seperti program KUR,' ujar Syukur Haryono. (Uriutu Djaper/m)

Berita Terbaru