Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Harus Jeli Baca Peluang Majukan Wilayah

  • 14 Februari 2016 - 21:25 WIB

Pemerintah Desa diimbau jeli dalam membaca peluang dan memanfaatkan anggaran untuk memacu pembangunan di wilayahnya.

Pengelolaan desa diharapkan bukan hanya bergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) saja, melainkan memanfaatkan peluang lain, seperti pengoptimalan potensi sumber daya alam sebagai pendapatan asli desa, hingga peningkatan sumber daya manusia di dalamnya.

'Desa di Barito Timur memiliki potensi terus dikembangkan. Tinggal bagaimana menjalankan sistem pengelolaan dan tertib administrasi supaya lebih baik ke depannya,' tandas Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas, belum lama tadi.

Bupati juga menginginkan pejabat desa menggunakan dana pembangunan secara efektif dan efisien. Anggaran, hendaknya dialokasikan untuk penyediaan sarana prasarana dan penunjang program desa seperti pasar, balai pertemuan, dan fasilitas umum lainnya.

Menurutnya, kendala dalam pengoptimalan potensi desa saat ini adalah kurangnya pengetahuan aparatur desa mengenai pasal dan aturan yang memuat tentang hak dan kewajiban mereka.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, pemerintah daerah telah menjabarkan penerapannya secara lebih mendalam melalui peraturan bupati atau kebijakan lainnya yang bersifat berpihak pada kepentingan masyarakat.

'Undang-undang tentang desa diharapkan menjadi titik cerah bagi aparatur desa, sebagai pedoman terjaminnya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa yang terarah, profesional dan berkesinambungan.'

Ampera juga menginstruksikan aparatur desa terus mengembangkan potensi diri. Hal ini supaya anggaran pembangunan, didukung dengan sistem administrasi dan pelaporan keuangan yang memadai, sehingga menghindari temuan yang menjadikan aparatur tersandung permasalahan hukum. (Tbs/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru