Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerhana Matahari Total Kurang Sosialisasi

  • 14 Februari 2016 - 21:38 WIB

Sosialisasi peristiwa gerhana matahari total (GMT) yang dapat disaksikan di Kota Palangka Raya pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang dinilai masih sangat minim. Padahal, momen langka tersebut tinggal menghitung hari.

Terkait hal ini, Ketua DPRD Sigit K Yunianto mengingatkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparkeraf) supaya lebih gencar menyosialisasikan fenomena alam tersebut.

'Warga masyarakat sampai saat ini ada yang tidak tahu apa itu GMT dan kewajiban pemerintah untuk melakukan sosialisasi agar warga dapat mengetahui, selanjutnya bisa memanfaatkan momentum tersebut,' cetus Sigit, Minggu (14/2/2016).

Di samping itu, ia juga menghimbau satuan kerja perangkat daerah lainnya juga turut menyemarakkan GMT. Meski tidak terlibat secara langsung dalam perhelatan itu, setidak-tidaknya masing-masing SKPD bisa berkontribusi sesuai tupoksinya. Misalnya, memperbaiki jalan-jalan yang masih kelihatan rusak, objek wisata harus dibersihkan maupun kesehatan makanan yang akan dikonsumsi tamu mancanegara harus terjaga.

'Momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan menjadi ajang promosi wisata sebagai salah satu kekuatan dalam pengembangan potensi daerah ini kepada para tamu asing,' tutur politisi PDI Perjuangan itu.

Libatkan pihak swasta

Terkait hal ini, Kepala Disparekraf Kota Palangka Raya Afendie menyatakan, pihaknya akan menggandeng pengusaha swasta dalam menyambut gerhana matahari yang diprediksi terjadi pada 9 Maret 2016.

'Pelibatan pengusaha swasta ini untuk memaksimalkan perayaan penyambutan fenomena alam yang terjadi 40 tahun sekali itu,' ungkap Afendie.

Di samping itu, momentum gerhana matahari ini sekaligus dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan berbagai potensi wisata yang ada di wilayah ibu kota provinsi yang berjuluk Tambun Bungai ini.

Disparekraf sebetulnya telah menyiapkan paket wisata guna menyambut peristiwa Gerhana Matahari Total yang diprediksi terjadi 9 Maret 2016.

Paket wisata gerhana matahari itu dibandrol Rp4.985.000 dengan jumlah orang 40-50 wisata. Pelayanan paket wisata itu diberikan selama enam hari lima malam yang dimulai sejak H-3 jelang terjadinya gerhana matahari. (ANT/B-12)

Berita Terbaru