Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya Dukung Aksi Mogok Makan AMANAT KSB di Jakarta

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Desember 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya mendukung aksi mogok makan yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Anti Mafia Tambang (AMANAT) Kabupaten Sumba Barat (KSB) didepan kantor Komnas HAM RI di Jakarta pada 13 Desember 2022.

Aksi itu dilakukan menyusul adanya dugaan tindak kejahatan pelanggaran HAM atau melampaui batas kemanusiaan yang dilakukan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumba Barat yang merupakan salah satu tambang terbesar di Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan tersebut, Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya menggelar aksi solidaritas serta pernyataan sikap di depan Kampus Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip), Jumat, 16 Desember 2022.

"Aksi tersebut pantas untuk didukung oleh setiap kalangan terutama mahasiswa di seluruh Indonesia tidak terkecuali di Kalteng, karena itu merupakan sebagai bentuk perlawanan serta perjuangan untuk meraih hak-hak yang telah dirampas para cukong mafia tambang," kata M Kadafi koordinator Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya.

M Kadafi mengungkapkan berdasarkan informasi banyak kasus kejahatan dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh PT AMNT di Sumba Barat, seperti kecelakaan kerja hingga menyebabkan cacat dan kematian, PHK sepihak, black list, alert list, serta pemberangusan serikat pekerja (union busting)

Selain itu ada juga kasus pencemaran lingkungan dengan membuang limbah tailing tambang sebesar 140.000 metrik ton per hari selama lebih dari 30 tahun ke Teluk Senunu, perampasan tanah rakyat, hingga manipulasi dan korupsi dana CSR/PPM yang menjadi hak masyarakat lingkar tambang dan kewajiban perusahaan.

Maka dari itu, pihaknya dari Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya menyatakan sikap mendukung penuh perjuangan mahasiswa dan rakyat KSB yang tergabung dalam AMANAT untuk terus melawan dan memperjuangkan hak-hak yang dirampas PT AMNT baik hak hidup, hak atas pekerjaan, hak atas informasi, hak atas lingkungan, dan hak untuk mendapatkan manfaat yang optimal untuk peningkatan kesejahteraannya atas hadirnya tambang di daerahnya.

Selanjutnya, mendukung dan menyatakan solidaritas pada Aksi Mogok Makan Mahasiswa dan Rakyat Sumbawa Barat di kantor Komnas HAM  di Jakarta.

Kemudian, mendesak Komnas HAM untuk segera memanggil dan memeriksa Direksi PT AMNT atas serangkaian pelanggaran HAM dan kejahatan korporasi yang dilakukan pada rakyat Sumbawa Barat. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru