Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Karhtula

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Februari 2023 - 20:50 WIB

BORMEONEWS,  Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas memimpin apel kesiapan penanganggulangan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Mapolres Katingan,  Rabu,  1 Februari 2023.

Dalam amanatnya, saat ini badan meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami el nino pada tahun 2023.

Fenomena ini menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan, indikasi ini mengacu pada 3 tahun berturut-turut terjadinya la nina di Indonesia.

“Tentunya kondisi seperti ini menyebabkan cuaca di Indonesia menjadi lebih kering dan sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka dari itu perlu disiapkan langkah langkah pencegahan dan pengendalian Karhutla dapat diatasi dengan baik,"  katanya.

Sebagai pemerintah daerah, sambungnya bersama TNI Polri dan instansi terkait, serta perusahaan perkebunan yang ada juga yang juga mempunyai peran harus mampu memperdayakan kekuatan personel dan peralatannya sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Katingan.

Kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan satuan kewilayahan khususnya oleh TNI Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa kemudian BPBD, Damkar dan masyarakat peduli api.

“Untuk itulah pada hari ini dilaksanakan apel gelar kesiapansiagaan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan," katanya. 

Bupati mengajak semua pihak saling bersinergi dan bekerjasama mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Katingan ini.

"Karena kalau kita kompak dan bersama-sama setiap permasalahan yang akan kita hadapi bisa terselesaikan, semoga Kabupaten Katingan aman dan tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.(ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru