Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak UMKM di Kotim Belum Miliki Sertifikat Halal

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 Maret 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masih banyak produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) makanan, minuman dan obat-obatan di Kotawaringin Timur (Kotim) belum memiliki sertifikat halal.

"Memang banyak yang belum memiliki sertifikat halal. Yang kita bantu ajukan 814 UMKM, namun baru 70 UMKM yang telah keluar sertifikasi halalnya. Insyaallah lainnya menyusul," kata Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kotim Khairil Anwar, Sabtu, 18 Maret 2023.

Kharil mengutarakan itu saat melakukan kampanye mandatory halal gratis di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Ruang Promosi I, Sampit.

Kemenag Kotim terus berupaya memberikan sosialisasi pelaku usaha agar segera mendaftar sertifikasi halal gratis dengan menempatkan 81 Pendamping Proses Produk Halal (P3H) di wilayah ini.

Kampanye sertifikasi halal bahkan sepekan ini telah digelar di 2 lokasi yakni PPM dan Taman Kota Sampit.

Upaya ini guna mendukung UMKM lokal tetap eksis dengan memberikan jaminan kehalalan produk kepada konsumen. Mengingat Pemerintah mewajibkan seluruh produk makanan, minuman dan obat-obatan memiliki sertifikat halal.

"Kami akan terus memberikan sosialisasi dan pendampingan agar seluruh produk UMKM di Kotim memiliki sertifikasi halal, sebelum 17 Oktober 2024," demikian. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru