Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementan Tegaskan Kesiapan Bantu Daerah Pasok Bapok

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Maret 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Pertanian menegaskan kesiapannya untuk membantu distribusi bahan pokok jika daerah kekurangan.

Direktur Perbenihan Hortikultura Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Inti Pertiwi mengatakan  bahan pokok utama yang bisa dibantu adalah komoditas yang berada di bawah Kementan.

"Statement pak Dirjen para champion kita, petani andalan kita, siap mengirim mendistribusikan kemana saja termasuk ke Kalteng," ungkapnya di Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, Selasa 28 maret 2023.

Ia menjelaskan hal itu bisa dilakukan jika Pemerintah Provinsi memang sudah sudah tidak bisa mengendalikan harga dengan pasokan dari wilayah sekitar.

Inti mengingatkan dalam program bantuan pemerintah daerah harus punya andil dengan memastikan barang tersebut bisa didistribusikan mengisi kekosongan pasar.

"Jika sudah seperti itu jadi bussines to bussines tentunya champion kita, pelaku usaha bawang merah atau cabai waktu mengirim kesini dia ingin pembayaran cash," tuturnya.

Dia mengungkapkan dukungan pemerintah daerah berperan menggerakan distributor dan pedagang besar untuk menerima barangnya sehingga terjadi siklus perdagangan seperti biasa.

"(Namun) karena kami membantu, apalagi kami memberikan biaya distribusi jadi tolong harganya kita ikat, kita atur. Misalnya cabai beli harga sekian dengan untung 5000, ya yang dijual lagi tidak boleh lebih dari itu," tegasnya. (HERMAWAN DP/J) 

Berita Terbaru