Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Imbau Masyarakat Barito Timur Waspadai Dampak Tingginya Intensitas Hujan 3 Hari ke Depan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Maret 2023 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengimbau masyarakat Barito Timur agar mewaspadai dampak intensitas hujan yang tinggi pada tiga hari ke depan atau tanggal 30 Maret hingga 1 April 2023.

"Dengan tingginya intensitas hujan, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang," kata Kepala Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu Nur Setiawan dalam peringatan dini cuaca Barito Timur yang terima Borneonews, Rabu, 29 Maret 2023.

Menurutnya pada tanggal 30 Maret hingga 1 April semua kecamatan di Barito Timur berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Nur Setiawan juga mengungkapkan bahwa tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1007 hingga 1012 hectopascal. Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat ke Timur Laut, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari Timur Laut menuju Barat Laut.

Selanjutnya kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah umumnya berawan hingga hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah.

"Suhu udara di Kalimantan Tengah berkisar antara 22 derajat celsius hingga 33 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar antara 50 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup dari Barat Daya menuju Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam," imbuhnya.

Pantauan Borneonews, sejak Selasa kemarin sejumlah desa di Kecamatan Paku, Raren Batuah, Dusun Tengah dan Kecamatan Pematang Karau mulai mengalami banjir.

BPBD Damkar Barito Timur, kelompok relawan maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus memantau perkembangan peningkatan permukaan air di wilayah-wilayah rawan banjir agar dapat memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru