Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLHD Yakin Banjarmasin tak Didiskualifikasi

  • 22 Maret 2016 - 22:00 WIB

BADAN Lingkung'an Hidup Daerah (BLHD) optimistis Ko'''ta Banjar'ma''sin ba'''kal ter'hin'dar dari diskua'li'fikasi penilaian Adipura pada ta''hun ini.

Untuk mewujudkan harap'an itu, Kepala BLHD Banjar'ma'sin Hamdi memerintah'kan jajarannya untuk mem'per'baiki pola penanganan sampah di tempat pembuangan ak'hir (TPA).

TPA menjadi skala prioritas lan'taran merupakan titik uta'ma penilaian Adipura tahap per''tama (P1). 'Peraturan penilaian Adi'pu''ra sekarang ini, tahap pe'''nilaian pertama atau P1 sa'lah satu objek utamanya yak'ni TPA sampah. TPA harus mendapat nilai minimal 73 poin,' ujar Kepala BLHD, Selasa (22/3/2016).

Bila TPA sampah tidak me'me''nuhi syarat minimal nilai ter'sebut, secara otomatis ti'da'k akan diikutsertakan pada penilaian tahap selanjutnya atau didiskualifikasi.

'Saat daerah kita mendapatkan Adipura pada 2015 lalu, ni'lai TPA sampah Basirih me'nempati 72 poin, jadi satu poin saja lagi meningkatkannya,' ucap Hamdi.

Ia yakin dengan terus me'la'kukan perbaikan pengelo'la'an dan sarana TPA, peningkat'an satu poin itu sudah dapat ter'capai, bahkan bisa mele'bi'hi. 'Jadi kita yakin, daerah kita akan bisa mempertahankan peng'hargaan Adipura ini nan'ti''nya,' kata dia.

Masih menurut Hamdi, tim penilai Adi'pura sebenar'nya sudah da'tang dan telah me'la'kukan pe'nilaian. Ia pun ber''ha'rap tim penilai bisa ob'jektif melihat upaya keras yang ditunjukkan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam men'jaga kondisi lingkungan dan kebersihan. 'Banjarmasin berhasil me'ra'ih Adipura katagori kota be'sar karena tekadnya yang kuat memperbaiki lingku'ngan dan kebersihan,' tutur dia.

Selain itu, besarnya kesadar'an kelompok masyarakat da'lam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkung'an, dengan turun langsung ke' la'pangan secara suka rela, men'jadi poin positif bagi keber'ha'sil'an meraih Adipura.

Sama dengan Pemkot Ban'jar''masin, Pemerintah Kabu'pa'ten Kotabaru juga optimis'tis bakal meraih penghargaan Adipura periode 2017. 'Kita semua harus optimistis pada 2017 Kabupaten Kotabaru bi'sa meraih penghargaan Adi'pura,' kata Bupati Sayed Ja'far.

Dikatakannya, pengharga'an Adipura merupakan salah sa''tu program strategis dalam upa''ya pe'nge'lo'laan lingkung'an perkotaan. Adapun tujuan dari penghargaan Adipura ia''lah meningkatkan kinerja pe''merintah daerah dan ma'sya''rakat Kotabaru dalam men''ciptakan kota yang bersih dan teduh. Sehingga ter''wujudlah kota yang ber'wa''wasan lingkungan.

Karenanya, Bupati me'min''ta kepala SKPD serta ma''syarakat bersama-sama me'wu'judkan harapan mempero'leh penghargaan Adipura de''ngan cara membenahi ta''ta ke'lola sampah, ruang terbuka hijau, serta pengendalian pen'cemaran air. (Ant/B-3)

Berita Terbaru