Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Kabur dari Kandang Transit SKW II Pangkalan Bun, Orangutan Berhasil Ditangkap Kembali

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Juni 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor Orangutan jantan dewasa sempat kabur dari kandang transit di kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun, saat akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan, pada Senin, 12 Juni 2023.

Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dendi Setiadi mengatakan, Orangutan sempat kabur saat akan diperiksa kesehatannya oleh tim dokter hewan dari OFI.

"Jadi tadi baru di bius satu ampul, sehingga tidak berselang lama dia sadar lagi dan sempat kabur sampai pada akhirnya ditangkap kembali. Lalu disuntik bius kedua, barulah pingsan dan kembali dimasukkan ke kandang transit usai diperiksa kesehatannya," kata Dendi Setiadi, Senin,12 Juni 2023.

Kaburnya Orangutan dengan berat sekitar 75 Kg lebih ini tidak jauh, yaitu kurang lebih 10 - 20 meter dari kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun.

"Saat kabur ke jalan atau keluar kantor, jalur langsung kita tutup sehingga aman terkendali. Namun memang ada beberapa warga yang melihat dan mengabadikan melalui ponselnya," tuturnya.

Dendi Setiadi mengungkapkan, Orangutan jantan tersebut sebelumnya adalah hasil evakuasi dari hutan Komplek Auri, pada Minggu, 11 Juni 2023 kemarin.

"Saat ditangkap pertama di Komplek Auri itu dilakukan pembiusan sebanyak tiga kali baru bisa dievakuasi. Makanya, ini tadi baru sekali sehingga sadar kembali, kemudian di bius sekali lagi baru pingsan," pungkasnya.

Rencananya, hari ini Orangutan tersebut akan dilepas liarkan ke Suaka Margasatwa Lamandau. (DANANG/J)

Berita Terbaru