Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Market Day Tumbuhkan Interaksi Antarkelas

  • Oleh Ramadani
  • 24 Juni 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Camat Teweh Tengah, Jati Prayogo mengatakan, kegiatan Market Day ini bertujuan menumbuhkan dan menciptakan interaksi antarkelas. Selain itu, juga dapat memberikan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh siswa dan siswi SD Muhammadiyah.

Hal ini disampaikannya pada membuka kegiatan “Panen Belajar dan Market Day” di SD Muhammadiyah Muara Teweh.

Disamping itu, kata Camat, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill kewirausahaan yaitu dengan mengimplementasikan model Project Based Learning (PBL) Market Day.

“Model Project Based Learning (PBL) Market Day ini adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa dan siswi untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengakumulasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan oleh siswa dan siswi SD Muhammadiyah,” kata Jati Prayogo, Sabtu 24 Juni 2023.

Camat juga mengatakan kegiatan Market Day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, kemandirian dan gotong royong.

“Dari nilai religius, siswa dan siswi dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil. Wujud sikap mandiri dan gotong royong yaitu anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya,” ucap Jati.

Para guru, kata Jati, hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dengan memanfaatkan sampah yang dapat di daur ulang kemudian dijual kembali. Dan dalam penjualannya pun hanya ada beberapa orang saja yang menjual, karena tidak semua orang bisa membuatnya. (RAMADHANI/Y)

 

Berita Terbaru