Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuaca Tidak Bersahabat, Nelayan Sungai Bakau Memilih Mengurus Kebun Pisang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 04 September 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Warga Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan selain bekerja sebagai nelayan juga banyak diantaranya memiliki usaha kebun pisang kepok.

Pada saat cuaca tidak bersahabat lantaran tingginya gelombang laut dan angin kencang seperti seperti saat ini, mereka terpaksa tidak bisa melaut untuk mencari ikan.

Warga setempat memilih untuk mengurus kebun pisang miliknya yang berada di Sungai Pucuk desa setempat demi penyambung penghasilan.

 Isur, salah satu warga mengaku dalam beberapa waktu terakhir saat cuaca tidak memungkinkan untuk melaut, ia lebih banyak berada di kebun untuk merawat tanaman  pisang kepok miliknya.

"Merawat kebun pisang dan jika waktunya panen, kami langsung memanennya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga," kata Isur, Senin, 4 September 2023.

Terlebih harga pisang kepok saat ini berada pada level yang sangat baik. Ketika dijual langsung kepada pengepul, harga mencapai Rp6.500 per kilogram.

Hal ini menjadi penyelamat ekonomi bagi warga Desa Sungai Bakau ketika mereka  tidak bisa melaut  akibat cuaca  buruk  yang telah berlangsung beberapa minggu terakhir

Namun bukan berarti tanpa kendala, petani di desa ini masih dihadapkan adanya serangan penyakit pada tanaman pisang mereka.

 "Ada sebagian tanaman pisang terkena penyakit, tetapi sebagian lainnya masih bisa di panen dan  dijual," tambah Isur.

Bersama petani lainnya, ia berharap kedepan agar penyakit  pada tanaman pisang ini bisa teratasi, agar hasil panen bisa lebih maksimal. (FAHRUL/Y)

Berita Terbaru