Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 September 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWSI, Kasongan - Jabatan Sakariyas sebagai bupati dan Sunardi litang sebagai Wakil Bupati Katingan telah berakhir pada Minggu, 24 September 2023 hari ini.

Sekda Katingan Pransang ditunjuk Sekretaris Daerah Kalteng melalui Gubernur Kalteng sebagai pelaksana harian atau Plh Bupati Katingan hingga pelantikan Pj Bupati Katingan bersama sejumlah Pj bupati/walikota se-Kalteng dilaksanakan pada, Senin, 25 September 2023, di Palangka Raya.

Penunjukan Sekda Katingan Pransang sebagai Plh Bupati Katingan itu tertuang dalam surat Sekda Kalteng atas nama Gubernur Kalteng perihal penundaan pelantijan dan penunjukan Plh Bupati/Walikota  Nomor 100/250/II.1/PEM-OTDA tertanggal 22 September 2023 dan lampiran surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 005/II.1/PEM-OTDA tanggal 22 September 2023.

Namun demikian hingga hari ini siapa Pj Bupati Katingan itu masih belum diketahui secara pasti. 

Pada 4 Agustus 2023 lalu pihak DPRD Katingan telah menyampaiman dokumen terkait usul 2 nama calon Pj Bupati Katingan ke pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemnedagri).

Saat itu unsur pimpinan DPRD Katingan seperti Wakil Ketua I Nanang Suriansyah bersama sejumlah anggota DPRD setempat menyampaikan langung dokumen usul 2 nama calon penjabat (Pj) bupati itu. 

Nama calon Pj Bupati Katingan yang diusulkan tersebut sebelumnya telah menjalani proses pengusulan melalui usulan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Katingan . 

Dua nama calon Pj yang diusulkan itu, adalah Ir H Sri Suwanto, MS dan Pransang S.Sos.

Sri Suwanto saat ini diketahui menjabat Asisten III Pemerintah Provinsi Kalteng, sementra Pransang saat ini menjabat sebagai Sekda Kabupaten Katingan.

Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto menuturkan jika pihaknya pada 4 Agustus 2023 lalu telah mengusulkan 2 nama calon Pj Bupati Katingan kepada pihak Kementerian Dalam Negeri, yakni Ir H Sri Suwarso MS dan Pransang S.Sos.

Sementara itu dari pantauan media ini, beberapa hari belakangan sejumlah warga terutama obrolan di warung kopi tidak jarang membicarakan atau membahas siapa yang bakal ditunjuk atau dipercaya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Katingan dalam kurun kurang lebih setahun ke depan.

Berita Terbaru