Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Akan Kontrak Ahli Perkebunan Dari Jember

  • 24 April 2016 - 11:33 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) akan mendatangkan ahli perkebunan dari Kabupaten Jember, Jawa Timur untuk melatih tenaga lokal agar mempunyai dalam bidang perkebunan.

Plt. Kepala Dinas Perkebunan Mura, Ferdinand saat dikonfirmasi mengatakan diambilnya tenaga ahli perkebunan dari Kabupaten Jember karena disana bidang perkebunan cukup maju, bahkan dalam skala Nasional.

"Perkebunan di Jember sudah berdiri sejak tahun 1911 dan sekarang lokasi perkebunan tersebut dibawah penanganan kementrian. Jadi itu salah satu pertimbangan kita mengambil ahli dari sana untuk melatih tenaga lokal kita," ungkap Ferdinand, baru-baru ini.

Ferdinand mengatakan, para ahli bidang perkebunan yang bakal datang sebanyak tiga orang. Metreka akan ditempatkan di perkebunan milik Pemkab Mura, di Desa Tahujan Untu, Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Lokasi perkebunan di Desa Tahujan Untu yang luasnya 50 hektare itu selain dalam pengembangan perkebunan karet, juga dikembangkan tanaman coklat.

"Dipilih coklat karena harga jualnya yang cukup stabil serta diperlukan pasar sehingga masih layak untuk terus dikembangkan. Target kita untuk satu hektar lahan kita target satu ton per tahun," tambah Ferdinand.

Untuk pengembangan lahan perkebunan yang berada di Desa Tahujan Untu, Ferdinand mengatakan rencananya tahun 2017 nanti lokasi tersebut bisa menjadi andalan pengembangan bibit di Kabupaten Mura dan tidak lagi mengambil bibit di luar kabupaten. (SUPRI ADI/m)

Berita Terbaru