Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nikah Massal Tahap Kedua Bakal Lebih Banyak Peserta

  • 24 April 2016 - 11:43 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Nikah massal atau Itsbat nikah dan pencatatan sipil yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mura di Kecamatan Sumber Barito mendapat hasil positif.

Mengikuti hasil positif tersebut, untuk untuk tahap kedua nanti yang direncanakan pada Agustus 2016 di Kecamatan Permatan Intan dipastikan akan diikuti lebih banyak peserta.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Asnawiyah saat dikonfirmasi menyampaikan program Istbat Nikah dirasa memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi mereka yang tidak mampu akan terus dilaknakan ditahun-tahun mendatang.

"Dari setiap tahap pelaksanaan tidak pernah sepi peserta dan selalu memenuhi target. Tentu yang menjadi priotitas untuk ikut mereka yang tergolong ekonomi menengah ke bawah yang sudah berumah tangga, akan tetapi tidak memiliki surat nikah," jelas Asnawiyah, baru-baru ini.

Untuk pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Sumber Barito beberapa waktu lalu, disampaikan Asnawiyah disamping ada pasangan yang menunda proses Itsbat Nikah, juga ada warga yang ingin diikutsertakan pada saat itu, akan tetapi tidak bisa ikut karena terbentur masalah administrasi.

"Kebanyakan yang tidak bisa ikut di Kecamatan Sumber Barito beberapa waktu lalu mereka yang beragama Nasrani karena pada saat itu mendekati paskah. Mereka ini akan diikutsertakan pada Itsbat nikah tahap 2 di kecamatan Permata Intan nanti," tambahnya.

Asnawiyah mengatakan, program Itsbat Nikah memang sengaja dilakukan di kecamatan karena paling banyak pasangan yang tidak mempunyai surat nikah berada di pelosok. Mereka terbentur mengurus hal tersebut karena masalah biaya.

"Tahun 2017 nanti kita jadwalkan di Kecamatan Uut Murung dan Kecamatan Seribu Riam. Memang kita sengaja mendatangi mereka karena ingin meringankan beban masyakarat yang ada dipelosok," jelasnya.(SUPRI ADI/m)

Berita Terbaru