Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Besar IPB: Perlu Upaya untuk Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia pada Kebun Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru Besar Institut Pertanian Bogor atau IPB University, Prof Erliza Hambali menilai perlu ada upaya untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia pada perkebunan kelapa sawit di Indonesia, termasuk di Kalimantan Tengah.

"Saat ini hampir 100 persen pupuk yang digunakan untuk perkebunan kelapa sawit adalah pupuk kimia. Oleh sebab itu perlu dilakukan upaya untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia pada perkebunan kelapa sawit," kata Kepala Divisi Teknologi Proses, Program Studi Teknik Industri Pertanian, IPB University ini saat pembukaan kegiatan di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Hal ini disampaikannya dalam Workshop Karbonasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Pemanfaatannya sebagai Pupuk Organik untuk Substitusi Pupuk Kimia pada Perkebunan Kelapa Sawit kerjasama IPB University dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS di Palangka Raya pada Selasa, 28 November 2023.

"Berdasarkan hasil analisis budidaya perkebunan kelapa sawit, sekitar 80 persen biaya operasional perkebunan kelapa sawit adalah biaya pemupukan tanaman sawit," kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Workshop ini lagi.

Penggunaan pupuk kimia di perkebunan kelapa sawit, lanjutnya, selain harganya yang mahal, kadang-kadang juga terbatas ketersediaanya.

"Dan juga dapat berdampak negatif dalam jangka panjang pada kesuburan tanah di lahan perkebunan kelapa sawit," tuturnya lagi.

Usai pembukaan workshop, digelar juga jumpa pers kepada awak media dengan pembicara mulai dari Prof Erliza, Kepala Divisi Program Pelayanan BPDPKS Arfie Thahar, Head of Research & Development- PT Bumitama Gunajaya Agro Adhy Ardiyanto.

Kemudian perwakilan Gapki Kalteng Sukarman, Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University Prof Dr Herdhata Agusta, serta perwakilan Beston - China Tom Zhang. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru