Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengerjaan Jalan Penghubung Kuala Kurun-Sepang Simin Terus Digenjot

  • 30 April 2016 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Harpaseno mengatakan, saat ini terus pihaknya terus melakukan pengerjaan ruas jalan penghubung Kuala Kurun dengan Sepang Simin ibu kota Kecamatan Sepang. 

'Intinya kita berupaya supaya ruas tersebut (Kuala Kurun-Sepang Simin) bisa dimanfaatkan sengan baik oleh masyarakat. Kita bersama kontraktor  beberapa hari lalu telah meninjau pengerjaan jalan tersebut,' ujar Harpaseno kepada wartawan disela-sela mengikuti kegiatan penyuluhan hukum dan penerangan hukum di lingkungan Pemkab Gumas;  dan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah daerah Kabupaten Gumas dengan Polres Gumas, Kejari Kuala Kurun dan Ombudsman Perwakilan Kalteng di GPU Tampung Penyang, baru-baru ini.

Menurut dia, upaya untuk terus menggenjot pengerjaan ruas jalan penghubung Kuala Kurun-Sepang Simin bukan tanpa alasan. Selain untuk memperlancar arus transportasi untuk masyarakat di daerah tersebut. percepatan pengerjaan jalan juga untuk mempersiapkan jalan darat untuk kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten Gumas di Sepang Simin, Juli 2016.

'Kita upayakan sebelum kegiatan Pesparawi jalan sudah bisa dilalui dengan lancar. Sehingga sebagian besar kontingen Pesparawi dari masing-masing kecamatan bisa melewati jalan tersebut menuju Sepang Simin. Terlebih lagi kontingen Pesparawi sangat banyak,' ucap dia.

Menurut Harpaseno, berbagai kegiatan yang dilakukan dalam pengerjaan ruas jalan penghubung Kuala Kurun-Sepang Simin. Seperti pengaspalan, pengerasan dan pembuatan gorong-gorong serta beberapa pekerjaan lainnya.

'Dilakukan penyambungan pengaspalan dari Desa Tanjung Riu sampai Desa Tumbang Miwan dan dilanjutkan ke Desa Pilang Munduk. Pengaspalan juga dilakukan di spot-spot, terutama yang melewati desa. Disamping itu juga dilakukan pengerasan,' terang dia.

Dia melanjutkan, pengerjaan ruas jalan penghubung Kuala Kurun-Sepang Simin dilakukan dengan sistem multiyear dan anggaran yang disiapkan pekerjaan jalan mencapai Rp80 miliar. Sementara untuk tahun ini juga dianggarkan untuk perbaikan jalan tersebut kurang lebih Rp20 miliar.

Sebelumnya, Bupati Gumas Arton S Dohong memerintahkan supaya pekerjaan ruas Kuala Kurun-Sepang Simin, dilakukan dengan cepat. Dengan demikian, kontingen Pesparawi dari kecamatan- kecamatan bisa melalui jalan tersebut. (EPRA SENTOSA/m)

Berita Terbaru