Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persoalan Plasma di Kalteng Harus Menjadi Perhatian

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Desember 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng Sudarsono mengatakan, persoalan plasma yang selama ini kerap menjadi polemik antara masyarakat dan perusahaan perkebunan harus bisa menjadi perhatian.

Menurutnya, perhatian penting diberikan agar kejadian-kejadian konflik tidak terulang kembali. Pemerintah harus bisa menjadi penengah dan mencarikan solusi terbaik agar masyarakat dan perusahaan bisa saling menguntungkan.

"Selama ini persoalan yang terjadi seperti konflik sangat mengkhawatirkan, dan itu tentu murugikan terutama bagi masyarakat apalagi sampai ada nyawa yang melayang. Ini harus bisa menjadi perhatian serius," ucapnya, Selasa, 12 November 2023.

Sebelum banyak kejadian dan agar tidak sering terulang peran aktif pemda sangat diharapkan dalam menengahi serta mendorong perusahaan supaya dapat menyalurkan hak masyarakat tersebut sesuai aturan berlaku.

Pasalnya, menyalurkan atau memberikan hak plasma kepada masyarakat sebesar 20 persen sudah menjadi kewajiban perusahaan. Hal itu tentu bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat disekitar perusahaan tersebut.

"Kita tentu tidak ingin masalah atau persoalan mengenai plasma ini terus terjadi dan berulang-ulang. Kita juga mengingatkan agar perusahaan yang ada, patuh terhadap aturan terutama menyalurkan hak masyarakat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru