Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Reses Anggota DPRD Kalteng Ke Barsel Dikucuri Keluhan

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 01 Mei 2016 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Terkesan bagai bak tempat kucuran hujan, berupa keluh kesah dan pengaduan, saat  anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ) Reza Fakhrony  dari komisi C  melakukan reses di Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu jadi kebanjiran keluhan dari berbagai elemen masyarakat setempatKeluhan itu seperti dari perwakilan sekolah Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Buntok, menyangkut infrastruktur sekolah yang belum memadai.

Keluhan serupa juga datang dari pengurus sanggar seni 'Iring Witu' Buntok yang pernah minta bantuan alat kesenian namun sampai saat ini tidak ada realisasinya.

Tak sampai disitu saja, keluhan lainnya juga muncul dari perwakilan desa Ripung Kecamatan Dusun Selatan, terutama menyangkut rehab rumah ibadah dan tanah pekuburan di desanya.

Menariknya, selain  dibanjiri keluhan, Reza Fakhrony asal wilayah pemilihan Kalteng IV meliputi das barito itu juga kebanjiran berbagai macam usulan dari masyarakat.

Contohnya, dari Badan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Barsel yang  disampaikan oleh sekretarisnya Satiano W Sigin.

Batamad menginginkan agar pesta ritual umat Hindu Kaharingan bisa tersentral disatu titik yaitu disekitar bawah jembatan desa Kalahien.

'Kalau terpusat disatu titik, kita optimis pesta ritual itu bisa kita jadikan sebagai agenda wisata budaya sekaligus jadi 'land mark' daerah,' ucap Satiano yang juga mantan anggota DPRD Barsel.

Sementara dari lembaga pendidikan STEI Dahani Dahanai Buntok, pimpinannya H Lisawanto SE mengatakan, terkait bantuan beasiswa bagi mahasiswa STEI termasuk soal bangunan Aula STEI.

Sedangkan dari Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Buntok melalui perwakilannya Mangku Hardi, mengusulkan bantuan untuk pembelian tanah pekuburan.

"Untuk diketahui, saat ini  pekuburan Kristiani di Gang. Air Mata Buntok  sudah penuh. Maka perlu penambahan lokasi Baru," ucapnya.

Menyikapi berbagai keluhan dan usulan tersebut, Reza Fakhrony nampak memberi sinyal positif. Mengingat,  apa yang diaspirasikan masyarakat itu banyak kesamaan pada komisi C yang dia bidangi.

'Yang pasti akan saya tindak lanjuti, dan tolong sampaikan proposal keluhan dan usulan itu melalui perwakilan kita yang ada di Barito Selatan,' ucap Reza Fakhrony  (LAILY MANSYUR/m)


TAGS:

Berita Terbaru