Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengguna Jalan Trans Kalimantan Jangan Ugal-Ugalan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Mei 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para pengguna jalan, terutama yang melintasi Jalan Tras Kalimantan wilayah Kabupaten Katingan agar tidak mengendarai kendaraannya ugal-ugalan. Sejauh ini ruas Jalan Trans Kalimantan ini rawan terjadinya kecelakaan lalulintas.

"Sebagai contoh baru tiga hari lalu terjadi kecelakaan cukup tragis antara tronton dengan pengendara sepeda motor yang menyebabkan satu orang pengendara motor meninggal ditempat kejadian perkara," sebut Kasatlantas Polres Katingan, AKP Salahidin, Minggu (1/5/2016).

Menurut Salahidin, sejauh ini ruas Jalan Trans Kalimantan yang cukup rawan berada di jalur Kasongan-Kereng Pangi sepanjang sekiar 15 km. Selain banyak tikungan tajam, ruas jalan ini juga tidak jarang lubang menganga di tengah badan jalan. 

Meski pihaknya selama ini cukup banyak memasang rambu lalulintas, seperti penunjuk arah sebelum tikungan, dan juga imbauan agar pengendara tidak ngebut serta tidak parkir di bahu jalan, namun angka kecelakaan lalulintas di jalur ini masih yang terbanyak dibanding dengan ruas lainnya.

Ruas Jalan Trans Kalimantan antara Kasongan-Tangkiling arah Palangkaraya kurang lebih 30 km juga dianggap rawan terjadinya lakalantas itu.

"Jalan Trans Kalimantan antara Kasongan-Tangkiling sekitar 30 km itu juga rawan lakalantas, meski jalur ini sebagian besar trek lurus, tapi tidak jarang juga kasus kecelakaan lalulintas di jalur ini," katanya.

Dengan jalur yang nyaris lurus ini para pengguna jalan kadang malah kebut-kebutan.

Sementara untuk jalur di kabupaten, sejauh ini kata Salahidin yang patut diwasapadi juga adalah Kasongan-Tumbang Samba.

"Jalur Kasongan-Tumbang Samba ini juga mulus teraspal, namun jalur ini banyak tikungan tajam, sama seperti jalur Kereng Pangi-Baun Bango yang juga harus diwaspadai para pengguna jalan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru